8 Jun 2011

Hari Ketiga : Sudah Agak Jelas

Macet macet macet, tumben-tumbennya jalan Ciledug macet total. Dan selidik punya selidik ternyata lagi ada pengecoran jalan makanya sampe macet total (ngecor jalan kok siang-siang tho??). Akhirnya setelah stuck dari jam setengah 7 sampai setengah 8 di tempat yang sama, saya memutuskan untuk balik ke rumah dan ganti naik motor.

Dengan penuh perjuangan dan sempet nyasar-nyasar, akhirnya sampailah di GMF jam 9 tepat. Ternyata begitu nyampe unit engineering, cuma ada satu dua orang. Dan saya pun kembali disuruh nunggu sampe jam 12 karena (calon) pembimbingnya lagi rapat. Tapi setidaknya hari ini saya sudah punya ID card pas intern (yang sayangnya gak bisa dijadiin kenang-kenangan karena harus dikembalikan nantinya setelah KP). Sebuah kemajuan.
ID Card ane nih

Ternyata jam 11 tepat, (calon) pembimbingnya datang dan (untungnya) saya langsung dijelaskan mengenai topik yang akan dikerjakan. “Instalasi HF Communications pada Pesawat B737-300” temanya. Intinya sih disuruh bikin perancangan instalasi sistem komunikasi HF di pesawat tuh gimana, juga disuruh desain siskom HF-nya sekalian (masih kayaknya yang ini mah). Kagetnya adalah di akhir masa pengerjaan saya disuruh presentasi. Okelah kalau barangnya jadi, lah kalau nggak gimana??

Dengan semangat baru setelah dapet kejelasan topik, saya mulai cari-cari literatur tentang sistem komunikasi HF di tempat yang disebut hutan oleh Pak Agus, pembimbing saya. Hutan itu sebenarnya adalah tumpukan map, folder, kertas, dan buku-buku di pojokan kantor yang bener-bener berantakan.

Berikut penampakan beberapa literatur mengenai topik proyek KP saya :



Kata pepatah sih sambil menyelam minum air, nah kalau saya sambil menjelajahi hutan folder nemu laporan KP. Wah, lumayan pisan lah ini buat referensi. Akhirnya niat awal yang pengennya ngerjain proyek KP malah berakhir jadi nyicil laporan KP. Hoho. .

Tibalah waktunya pulang, dan dengan riang saya nyupir motor dengan membonceng senior saya di MBWG yang kebetulan lagi magang di sana. 20 menit jalan hujan pun turun dengah indahnya. Giliran gak bawa mobil aja malah ujan. Ckckck.


Setidaknya hari ini udah jelas kerjaannya, meskipun bingung mau diapain proyeknya.