26 Aug 2013

Pack Like an Engineer

Yang biasanya selalu jadi pertanyaan besar saat packing adalah "bagaimana caranya agar satu tas/koper dapat membawa banyak bawaan?". Terlebih bagi Anda yang sering bepergian dengan menggunakan maskapai low-cost yang mengenakan biaya tambahan untuk bagasi. 



Saat bawaan tidak cukup dalam satu tas/koper, solusinya bukan dengan menambah jumlah koper tapi memaksimalkan koper yang ada dan segala sudut ruang di dalamnya. Nah buat kalian para traveler di luar sana, tidak perlu susah-susah kuliah engineering hanya untuk bisa pack like an engineer. Berikut tips-nya:
  1. Bawalah pakaian hanya 2/3 dari jumlah yang kita ingin bawa. Misal kita ingin bawa 12 pakaian, maka hematlah ruang dengan hanya membawa 9 pakaian. Saat di tempat tujuan, mix-and-match lah pakaian yang kita bawa tersebut.
  2. Terlebih dahulu masukkan sepatu atau sandal yang ingin kita bawa, tentunya dengan memasukkan kaos kaki ke dalam sepatu agar ruang koper lebih hemat.
  3. Hentikan metode packing konvensional, yaitu memasukkan langsung pakaian dari lemari ke dalam koper. Sebagai gantinya gulunglah satu persatu pakaian (seperti gulungan kue bolu), baru kemudian dimasukkan ke dalam koper. Selain untuk menghemat ruang di koper, teknik menggulung pakaian ini juga berguna agar pakaian tidak lecek atau terlipat.
  4. Isilah ruang-ruang yang masih tersisa dengan pakaian dalam (yang juga digulung) atau benda-benda kecil lainnya.
  5. Khusus untuk celana, jas, dan gaun tumpuklah dengan cara susunan berseling (lebih jelasnya bisa dilihat pada video tutorial).
  6. Setelah selesai, lapislah bagian atas dengan plastik kemudian letakkan kantong perlengkapan mandi beserta buku atau kamera yang ingin kita bawa di atasnya. Ini berguna agar kita tidak perlu mengubek-ubek isi koper hanya untuk menemukan barang yang sering kita gunakan.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video tutorial LHR Heathrow berikut ini:

Untuk metode packing yang lebih ekstrem (satu tas untuk perjalanan satu bulan), bisa dilihat pada video berikut ini:

Semoga bermanfaat.





2 comments:

  1. Kenapa baru sekarang
    Kenapa baru sekarang ada posting ini kenapa
    Kenapa nggak sebelum Gita ke Malaysia minggu lalu
    *nangis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nanti2 pas balik ke Indo atau Malaysia lagi kan bisa packing pake cara gini din :p

      Delete