17 Jul 2013

Duty Free dan Tax Refund

Bagi sebagian besar traveler luar negeri mungkin pernah melihat plang "Duty Free Shop" ataupun "Tax Refund" di bandara-bandara. Tapi sayangnya banyak sekali traveler yang belum memahami tentang dua hal tersebut, sehingga banyak yang tidak mengambil manfaat darinya Padahal kalau diterapkan, kita bisa melakukan penghematan dalam jumlah yang besar. Lantas apakah duty free dan tax refund tersebut? Bagaimanakah mekanismenya?


Duty merujuk pada pajak atau biaya tambahan yang dikenakan oleh pemerintah setempat. Toko-toko yang menjual barang impor kepada pembeli yang meninggalkan negara mereka tidak dikenakan pajak atau tambahan biaya ini. Inilah yang disebut dengan duty free. Artinya kita bisa membeli barang tanpa harus membayar pajaknya. Duty free shop atau toko yang menjual barang bebas pajak ini biasanya berada di area keberangkatan internasional, mulai dari bandara, pelabuhan, stasiun kereta antarnegara, sampai terminal bus. Barang yang dijual beragam, contohnya rokok, minuman keras, barang elektronik, perhiasan, makanan, minuman, serta pakaian-pakaian bermerek.

Sedangkan istilah tax refund merujuk pada pengembalian duty yang telah kita bayar pada pembelian barang. Karena hampir seluruh toko berada di luar terminal keberangkatan internasional, maka pajak dan segala biaya tambahan pasti dikenakan untuk barang yang dijual. Dan untuk turis internasional pajak ini dapat dikembalikan setelah mencapai jumlah tertentu.

Mekanisme pengembalian tax ini berbeda-beda untuk setiap negara. Sebagai contoh Singapura menerapkan syarat pembelian sebanyak SGD 100 agar tax dapat dikembalikan. Berbeda halnya dengan Korea Selatan, negara ini hanya mensyaratkan pembelian sebesar KRW 30.000 agar tax dapat dikembalikan. Jadi, semakin besar jumlah kita yang belanjakan dalam satu waktu maka semakin besar pula pajak yang dikembalikan.

Salah satu logo retailer tax free di Singapura

Selalu perhatikan label "Tax Free" di setiap toko, karena tidak semua toko menerapkan mekanisme tax refund ini. Jangan lupa juga untuk meminta formulir tax refund setiap kali selesai berbelanja. Formulir inilah yang digunakan untuk pengembalian tax di bandara nantinya. Perlu diperhatikan pula jumlah barang yang kita beli, jangan sampai kelebihan bagasi ataupun melebihi jumlah tertentu yang dibatasi oleh kepabeanan negara tujuan kita.

Selamat berbelanja!



2 comments:

  1. pengembalian tax nya di bandara ya mas? kalo ga pake formulir? cuma nunjukin invoice aja gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, hanya di bandara atau pelabuhan untuk keberangkatan internasional.
      Setau saya gak bisa, harus ada formulir tax refund-nya dari toko bersangkutan. Kalau cuma invoice kurang kuat buktinya.

      Delete