12 Sept 2013

International Student Identity Card (ISIC)

Bagi sebagian besar pelajar atau mahasiswa mungkin sudah sangat akrab dengan yang namanya kartu pelajar atau kartu mahasiswa (KTM), tapi pernahkah kamu tau tentang kartu pelajar internasional?

International Student Identity Card (ISIC) merupakan kartu pelajar internasional yang diakui di lebih dari 130 negara dengan total penerbitan kartu sebanyak 4,5 juta pelajar/mahasiswa setiap tahunnya. ISIC juga merupakan satu-satunya kartu identitas yang didukung oleh badan dunia UNESCO.

Benefit dari memiliki kartu ini cukup banyak, selain diakui sebagai pelajar di negara-negara tertentu, kita juga bisa mendapat diskon di toko-toko di seluruh dunia yang telah bekerja sama dengan ISIC. Di Indonesia sendiri keuntungannya kita bisa mendapat diskon tiket pesawat terbang sampai 50% dengan pembelian melalui STA Travel (partner travel ISIC), tiket nonton gratis di Blitzmegaplex juga diberikan setiap bulannya untuk pemegang kartu. List diskon lebih lengkapnya bisa dilihat di sini

Untuk yang biasa traveling ke luar negeri juga banyak diskon yang bisa didapat. Pengalaman saya sendiri adalah saat mendapat diskon untuk masuk ke kebun binatang di Australia sampai senilai dengan 70 ribu rupiah (pembelian tiket tipe student), sangat lumayan dibandingkan harus membeli tiket masuk tipe biasa. Khusus perjalanan dengan menggunakan kereta api diskon yang didapat mencapai 50%, artinya untuk perjalanan terjauh dari Melbourne menuju Brisbane potongan harga yang didapat adalah sebesar 1,3 juta rupiah. Wow! 

Biaya pembuatan kartu ISIC adalah Rp 150.000, dengan masa berlaku 16 bulan. Pengajuan aplikasi kartu bisa diurus melalui datang langsung ke kantornya di Matraman atau online melalui website ISIC Indonesia (www.isic.co.id). Syarat pembuatannya adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi formulir pengajuan kartu.
  2. Fotokopi kartu pelajar/kartu tanda mahasiswa yang masih berlaku atau surat keterangan dari sekolah/kampus.
  3. Pas foto 3x4 (berwarna) sebanyak 2 lembar (hardcopy/softcopy) dengan latar belakang warna polos.
  4. Bukti pembayaran kartu ISIC sebesar Rp 150.000 (plus ongkos kirim via TIKI jika memilih mendaftar secara online, besarnya tergantung wilayah)

Semoga bermanfaat.



1 comment:

  1. Maaf kak mau tanya, pas di korea ISIC nya sudah di pakai kah? Dan apa aja kak yg bisa dapet potongan? Makasih :D

    ReplyDelete