21 Jun 2013

LAG Rules

Bagi sebagian besar backpackers yang sering ke luar negeri, kata-kata LAG mungkin sudah sangat akrab di telinga. Bukan jet lag gara-gara perjalanan jauh, tapi LAG "Liquid, Aerosol, and Gas". Nah sejak 31 Maret 2007, pemerintah Indonesia memberlakukan peraturan pembatasan LAG yang boleh dibawa masuk ke kabin. Intinya sih kita hanya diperbolehkan membawa cairan setara dengan 100 mL ke dalam kabin, kalau gak bisa ya cairan itu harus masuk bagasi. 


Namun sayangnya masih ada beberapa orang yang salah pengertian dengan 100 mL ini. Bahkan ada yang sampe ngebela-belain gak bawa sabun, odol, dan cairan-cairan penting lainnya hanya demi menghemat bagasi. Bisa-bisa di negeri orang bukannya jalan-jalan nyaman, yang ada malah diusir keamanan setempat gara-gara bau badan gak mandi.

Untuk lebih memperjelas, saya akan membahas tentang peraturan LAG ini. Karena peraturan dari kementerian perhubungan RI gak jelas, jadi saya ambil referensi dari Kemenhub-nya Australia*. Ya sebelas-duabelas miriplah dengan peraturan internasional. Detil peraturannya adalah:

  • Liquid, aerosol or gel products must be in containers of 100 millilitres or less (broadly equivalent to 100 grams or less).
  • The containers must be carried in one transparent, resealable plastic bag, like the one in the image below.
  • The four sides of the bag's sealed area must add up to no more than 80 centimetres (e.g. 20x20 cm or 15x25 cm).
  • The plastic bag must be the type that can be sealed and resealed with a sealing mechanism, like a sandwich bag or freezer bag.
  • Only one bag is allowed for each passenger, with exceptions for carers who may carry the bag/s of the people in their care, including children.
  • All containers must fit comfortably into the plastic bag and the bag must be sealed.
Sedangkan peraturan untuk maskapai AirAsia (yang umum dipakai para backpackers jalan-jalan ke luar negeri) hanya menyebutkan bahwa:


  1. Cairan dimasukkan di dalam kontainer dengan maksimum volume 100 ml
  2. Semua wadah cairan sesuai dengan volume maksimum 100ml dan dapat dimasukkan ke dalam kantung plastik 1 kg yang transparan dan dapat ditutup

Ini artinya, kamu tetap bisa bawa segala cairan-cairan penting (sabun, odol, deodoran, selai, dkk) ke dalam kabin, asal tetap memenuhi ketentuan di atas. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah.

Cara pengepakan LAG untuk dibawa ke dalam kabin

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tetap mandi di negara orang.


*http://travelsecure.infrastructure.gov.au/international/lags/





No comments:

Post a Comment