26 Jun 2010

Wants vs Needs

Hari ini iseng-iseng baca buku tentang pembentukan karakter di HME, buat bahan lomba nulis juga sih. Dan tanpa sengaja saya menemukan satu fakta menarik tentang keinginan dan kebutuhan.

Keinginan biasanya bersifat subyektif, dan belum tentu tiap hal yang kita inginkan itu kita butuhkan. Sebaliknya, kebutuhan bersifat objektif dan sudah tentu bila kita mendapatkan apa yang kita butuhkan maka kita pun akan merasa cukup. Beda dengan keinginan yang bila sudah terpenuhi maka biasanya memunculkan keinginan lainnya, bahkan ketika kita belum puas menikmati keinginan kita yang telah terwujud.

Tampaknya saya harus berpikir ulang tentang apa-apa saja yang saya inginkan ni. Masih banyak hal-hal yang saya inginkan tapi ternyata tidak saya butuhkan.




No comments:

Post a Comment